Banyak guru yang masih belum familier dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ), baik itu di sekolah maupun di kampus-kampus. Padahal, kini seluruh kegiatan tatap muka untuk sementara dialihkan dengan sistem belajar daring tersebut.

Kondisi ini dimungkinkan karena masih terasa baru dan memerlukan waktu untuk mempelajari beberapa platform yang sesuai dan efektif untuk memaksimalkan kegiatan belajar mengajar bagi anak didiknya.

Untuk mengatasi permasalahan beberapa guru yang memerlukan bimbingan khusus dalam mengelola platform media pembelajaran yang interaktif, Eduversal yang telah berpengalaman dalam bidang konsultan pendidikan, mengadakan kegiatan Webinar secara gratis bagi guru-guru di seluruh Indonesia.

Webinar ini gratis untuk seluruh guru dan umum yang dijadwalkan setiap hari Sabtu jam 11.00-12.00 di channel telegram resmi Eduversal di https://t.me/Eduversal dengan tema-tema yang baru.

Direktur Eduversal, Dwi P Wibowo, mengungkapkan, berbagai macam program ini salah satu bentuk aksi tanggap Covid-19. “Kami memahami benar betapa perlunya semua pihak, terutama guru, untuk dapat segera beradaptasi dengan bentuk pembelajaran secara online dalam waktu sesingkat mungkin.”, kata Dwi P Wibowo, dalam keterangan resminya, Senin(20/4).

Webinar perdana diadakan secara langsung (live), Sabtu (28/3) melalui platform Zoom dengan tema “Eduversal Webinar Beyond the Class” dibawakan oleh pembicara Andry Nur Hidayat, M.Sc dengan Judul “Creating an effective and engaging online learning environment (Zoom and Google Classroom)”

Webinar berikutnya telah diadakan secara live juga, Sabtu(4/4) dengan judul “The Fastest way to Transform Slide Presentations into Classroom Conversations” yang dibawakan oleh Ade Kiki Ruswandi, B.Sc. seorang guru berpengalaman di Pribadi Depok dan konsultan Eduversal.

Sedangkan Webinar ketiga hari Sabtu(11/4) dengan tema “Pembelajaran Digital dengan Class Dojo” yang dibawakan oleh Ridwan Sumitro, B.Sc salah satu guru di Sekolah Kharisma Bangsa yang berpengalaman di pendidikan sekolah dasar.

Karenanya banyaknya permintaan terkait perlunya dukungan pembelajaran online, Eduversal menambahkan sesi webinar diluar jadwal biasanya yaitu di hari Rabu (15/4) dengan judul “Teach From Home with Google for Education”dengan pembicara Julio Sandjaya dari PT Duta Digital Indonesia.

Webinar kelima lantas digelar hari Sabtu(18/4) dengan tema “Google Forms as Assessment Tool” yang dibawakan oleh Ahmad Nurani, ST. kepala sekolah di Sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta.

Selain webinar guna mendukung pendidikan online, Eduversal juga menyelenggarakan Webinar parenting yang telah digelar Kamis(16/4) dengan tema “Parent-Child Relationship During Quarantine Days” yang diisi oleh pakar psikologi dan pedagoji dari Kazakhstan, Yerzhan Myrzabayev.

Selain itu, diadakan pula Try-Out daring secara gratis bagi siswa-siswi yang sedang mempersiapkan ajang Kompetisi Sains Nasional tingkat Kota (KSN-K) untuk bidang Matematika dan IPA. Try-Out online bidang Matematika diselenggarakan Sabtu(21/3) lalu, dan bidang IPA pada hari Sabtu(4/4). Fitur yang tersedia pada latihan ini adalah peserta dapat mengetahui pembahasan soal dan analisa kemampuannya masing-masing.

Disamping Webinar dan Try-out secara on-line, Eduversal juga menyelenggarakan berbagai program secara on-line diantarannya: e-EASE (Evaluation of Achievement Standardized Examination), A-EASE (e-EASE for teacher), e-Registration, e-Learning, e-Olympiad Coaching, e-Olympiad Exam Preparation, e-Language Courses dan latihan.id sebagai tempat latihan soal-soal secara daring pula.

“Harapan kami, kontribusi yang kami berikan dapat membantu tugas para guru dan proses pembelajaran terus berjalan ditengah-tengah wabah Covid-19 dengan tetap menjaga kualitas pendidikan yang prima. Jadi tetap semangat dan selalu “Upgrade Yourself” untuk semua,” ujarnya. (EP)

Sumber : Indonesiainside